Friday, December 24, 2010

Jenis Bom Syuhada dan Bom Jakarta Sama

Ilustrasi bom

JAKARTA – Bom rakitan jenis low explosive meledak di kawasan Masjid Syuhada, Kota Baru, Yogyakarta, Kamis 23 Desember 2010, kemarin. Hal tersebut jelas mengagetkan karena ledakan tersebut hanya berjarak dua hari sebelum perayaan Natal.

Beberapa bulan terakhir ini juga ditemukan bom rakitan dengan jenis yang sama. Yakni, di perempatan Sumber Arta, Bekasi dan di kandang ayam, bilangan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Mengenai hal ini, pengamat terorisme Mardigu Wowiek Prasantyo tidak menapikan beberapa bom tersebut dibuat oleh jaringan yang sama. “Saya belum lihat ada hubungannya, tapi belum tentu tidak ada hubungannya. Secara fakta bom yang dirakit memiliki kesamaan,” ungkapnya saat berbincang dengan okezone, Jumat (24/12/2010).

Bom-bom tersebut memang dibuat dan diledakan oleh orang-orang yang tidak memiliki jaringan luas. ”Kami belum menjumlah, tapi memang banyak,” katanya.

Seperti diketahui, bom rakitan meledak di dekat Masjid Syuhada, Kota Baru, Yogyakarta, Kamis kemarin. Bom tersebut terbungkus dalam selongsong alumunium berdiameter 2,5 sentimeter dan panjang 60 sentimeter.

Selongsong bom rakitan terdiri dari dua bagian, yaitu selongsong utama dan bubuk mesiu yang disimpan dalam pipa. Setelah meledak, rakitan hanya tersisa selongsong utamanya saja.

No comments:

Post a Comment