Wednesday, January 5, 2011

Anak TK Saja Kenal Gayus, Kok Bisa Lolos di Bandara


JAKARTA - Kemungkinan lolosnya Gayus H Tambunan ke luar negeri dengan menggunakan paspor palsu atas nama Sony Laksono sarat dengan nuansa kongkalikong. Tidak mungkin orang setenar Gayus secara fisik bisa mengelabui petugas pemeriksa di Bandara Soekarno-Hatta.

“Anak saya yang masih TK saya kenal Gayus. Jadi pasti ada yang bermain,” tuding anggota Komisi III DPR Nasir Jamil saat berbincang dengan okezone di Jakarta, Kamis (6/1/2011).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu berharap ke depan ada perhatian lebih kepada para petugas imigrasi. Sebab mereka adalah penjaga gerbang negara.

Bila situasi seperti hari ini dibiarkan terus terjadi maka tidak menutup kemungkinan para penjahat kelas kakap dan koruptor bisa melenggang ke mana saja, meski statusnya telah dicekal.

“Sistem itu kan dibuat manusia, tapi kalau aparaturnya tak punya tanggunjawab, maka akan terjadi penyelewengan-penyelewengan,” terangnya.

Gayus diduga kuat telah berpelesir ke luar negeri menggunakan paspor atas nama Sony Laksono. Menurut data imigrasi, pria bernama Sony Laksono yang memiliki foto mirip Gayus lengkap dengan wig dan kacamatanya pergi ke Makau, China dengan Mandala Airlines, kemudian kembali 26 September 2010 dengan pesawat Garuda.

Sekembalinya ke Jakarta, Sony kembali terbang ke Kuala Lumpur pada 30 September, dan luar biasanya, pihak imigrasi tak bisa mendeteksi kapan dia kembali dari Kuala Lumpur.

No comments:

Post a Comment